Selasa, 07 Maret 2017

Alasan Mengapa Setiap Muslim Wajib Traveling

Pekerjaan yang menumpuk, tidak ada waktu, tak punya budget, harus mengurus keperluan anak, punya berbagai aktivitas sehari-hari yang harus diselesaikan dan puluhan alasan lainnya, selalu saja membuat kamu berpikir dua kali untuk melakukan traveling. Memulai sebuah perjalanan jauh menjelajah kota lain atau mungkin negara lain.


Padahal, traveling memiliki banyak sekali manfaat jika dilakukan dengan niat dan tujuan yang baik. Nah berikut ini kami ulas 10 manfaat traveling bagi traveler muslim. Yuk disimak!

1. Dapat mengabulkan doa

Doa seorang musafir yang sedang dalam perjalanan tidak pernah ditolak oleh Allah SWT. Allah senang bila hamba-Nya memohon pertolongan, dan Allah tidak akan meninggalkan hamba-Nya yang terus meminta.

2. Menjadi 'duta Islam'

Ketika kamu melakukan perjalanan, terutama ke negara dengan mayoritas non-muslim, kamu akan mewakili agama dan cara hidup seorang muslim di negara kunjunganmu. Seorang pemuda dari Peru pernah mengatakan bahwa umat muslim adalah orang-orang yang memiliki iman kuat dan kepribadian yang santun.

3. Mendapat banyak inspirasi

Traveling merupakan perjalanan yang berbeda dari rutinitas sehari-hari. Dengan traveling, kamu bisa melakukan kegiatan yang biasanya tidak bisa dilakukan. Selain itu, traveling juga bisa membangkitkan rasa ingin tahu dan memberikan ide-ide fresh serta inspirasi untuk mengambil keputusan. Dan yang paling penting, traveling dapat membuka matamu untuk melihat dunia dengan lebih nyata. Pelajaran yang tidak bisa didapatkan dari sekolah manapun.

4. Melawan rasa takut

Banyak yang merasa takut atas hal yang sebenarnya tidak perlu ditakuti. Traveling dapat membantumu mengatasi rasa takut dengan cara keluar dari zona nyaman sehari-hari. Mulailah hidup yang baru dan tinggalkan rasa takut sambil menikmati keindahan dunia.

5. Pelajaran hidup

Ketika kamu melakukan traveling, kamu akan meninggalkan rumah, mobil, pekerjaan dan hanya membawa barang-barang penting di dalam tas ransel kecil. Tanpa kamu sadari, traveling adalah perjalanan " metafora" dari akhirat. Setelah kamu meninggal, kamu akan meninggalkan segalanya, rumah, mobil, pekerjaan dan hanya membawa amal kebaikan.

6. Sebagai saksi kebesaran Islam

Hampir di seluruh dunia terdapat bukti sejarah Islam yang menakjubkan, seperti universitas tertua yang didirikan oleh seorang wanita muslim hingga masjid pertama dan terbesar di China. Melalui sebuah perjalanan, kamu menjadi seorang saksi atas bukti sejarah kebesaran Islam di dunia.

7. Saksi penderitaan umat Islam

Perjalanan akan membuatmu senantiasa bersyukur. Bersyukur karena telah diberikan tempat tinggal, kenyamanan dan juga kesehatan fisik. Banyak muslim yang ada di belahan dunia lain tidak dapat merasakan nikmat Allah yang satu itu. Seperti umat muslim yang tinggal di negara termiskin di dunia dengan pendapatan kurang dari 1 dolar per hari.

8. Saksi keindahan bumi

Sebagian dari kita terjebak dalam kehidupan kota yang membosankan tanpa pernah menikmati nikmat yang Allah berikan. Luasnya lautan, sejuknya suasana pegunungan, indahnya bintang di langit, sampai keindahan luar biasa matahari tenggelam. Sekarang saatnya menikmati keindahan pemandangan tersebut sambil menyebut syukur kepada Allah SWT, Masya Allah.

9. Menyadarkan bahwa uang bukanlah segalanya

Semakin kamu sering berpergian, semakin kamu akan merasa bahwa uang bukanlah benda yang mahal kecuali hanya sebuah kertas tukar yang tidak memiliki nilai intrinsik. Traveling akan selalu menjadi pengingat bahwa kita tidak boleh terlalu merasa memiliki, karena semua kekayaan kita adalah milik Allah.

10. Bertemu dengan saudara sesama muslim dan menjadi teman dalam berbuat kebaikan

Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT bahwa manusia diciptakan dalam berbagai macam bangsa dan suku. Maka dari itu, saling berkenalan dan bersilaturahmi lah satu sama lain.

Allah berfirman dalam Alquran:

" Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, serta menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling takwa. Sesunggguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS al-Hujurat [49]: 13).


Mau Baca Artikel Lainnya?

Terkadang kita terjebak dengan rutinitas sehari-hari tanpa menyadari, dengan traveling kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, kita bisa dapat mengenal saudara sesama muslim kita lebih banyak lagi. Dan yang terpenting kita bisa sadar bahwa nikmat Allah SWT memang sudah sepatutnya untuk selalu disyukuri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar